Search This Blog

Loading...

Total Pageviews

Thursday, 22 August 2013

CARA MEMBERIKAN SUARA MASTER YANG BAIK UNTUK BURUNG KENARI UNGGULAN



SUARA MASTER YANG BAIK UNTUK BURUNG KENARI (CANARY)

Irama lagu yang dimiliki burung Kenari memegang peranan yang sangat penting di dalam penilaian lomba burung Kenari. Karena kembali kepada filosofi burung berkicau, daya tarik utama dari burung berkicau adalah kemampuan berkicaunya (irama lagu).
        Memilih suara-suara master untuk burung Kenari janganlah terfokus hanya memilih suara-suara master yang kedengarannya unik dan bagus.
 Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan;
  • Kesesuaian irama lagu dan frekuensi antara suara master dengan burung andalan kita. Ketidaksesuaian suara master dengan burung akan menyebabkan lagu yang fals dan tidak enak didengar.
  • Mengikuti Trend Lagu yang ada. Misalnya tonjolan dan tembakan yang sedang digandrungi pada saat ini adalah tonjolan dengan speed rapat divariasikan dengan irama lagu yang ngeroll.
  • Variasi irama lagu yang mewah. Yang dimaksud irama lagu yang mewah disini bukanlah suara tonjolan yang keras, tetapi kita harus bisa memilih suara-suara master yang memiliki variasi speed yang selaras dan irama lagu yang memiliki cengkok dan mengalun.
       Sangat banyak metode dan cara-cara yang dapat dilakukan di dalam proses pemasteran burung berkicau. Dan juga banyak sekali berkembang mitos-mitos yang keliru dalam prakteknya dilapangan.
 Salah satu mitos aneh yang berkembang, yaitu burung yang akan di master harus melihat burung masternya, agar burung yang di master dapat menirukan gaya bunyi dan cara membuka mulut burung master tersebut. Mitos lainnya yaitu proses pemasteran burung berkicau harus menunggu burung dalam keadaan ganti bulu atau mabung.
       Sebenarnya; Pemasteran dapat kita lakukan tidak harus menunggu burung berkicau dalam keadaan mabung atau berganti bulu. Burung berkicau dalam keadaan normal, bahkan dalam keadaan top form pun juga dapat dilakukan pemasteran.
         Ada Mitos yang mengatakan pemasteran burung harus menunggu masa burung mabung. Alasannya karena; Pada saat mabung, burung berkicau cenderung untuk banyak diam dan sangat jarang sekali berkicau. Burung yang banyak diam pada masa mabung tersebut, cenderung untuk lebih banyak menggunakan waktunya untuk menyimak dan mengolah suara-suara yang ada disekelilingnya. Apabila suara yang didengarnya sesuai dengan tipikal karakter suaranya, maka akan direkam dan ditirukan.

         Kunci keberhasilan dalam memaster burung Kenari adalah memaster burung dengan suara-suara master (burung master) yang cocok dan sesuai dengan karakter dasar lagu burung yang akan di master (burung maskot).
          Satu lagi yang terpenting, jangan lupa untuk selalu memperdengarkan suara-suara master tersebut secara berkala (Feedback) kepada burung Kenari tersebut. Supaya irama lagu yang sudah ada tidak hilang dan menjadi rusak.
          Memelihara kenari banyak dianggap sebagai hobby yang simple dan hanya memerlukan perawatan yang sederhana, mungkin ada benarnya jika dilihat dari pola rawatan harian dan makanannya. Namun jika diperhatikan lebih jauh sebenarnya burung kenari yang ada saat sekarang punya kecenderungan memerlukan perhatian lebih berkaitan dengan daya tahan tubuhnya. beberapa pendapat menganggap lemahnya daya tahan disebabkan banyaknya jenis dan persilangan yang tidak sempurna sehingga masing masing burung kadang memerlukan pola rawatan yang berbeda.
         Obatpun banyak tersedia di pasaran dan juga diimbangi dengan penemuan penemuan baru yang sebenarnya secara umum tidak berhubungan, namun karena mencoba dan berhasil maka banyak pemelihara menerapkan pengobatan yang dianggapnya dapat menyelesaikan masalah.Sebagai pemelihara ada baiknya kita simak produk obat khususnya untuk kenari hasil karya Dr. drh. Edy Boedi Santosa, MP, produk ini sangat familier namanya karena secara langsung dan spesifik mengarah pada penyakit yang dihadapi di dalam pemeliharaan sehari hari, sehingga dengan membaca ini kita bisa mengetahui beberapa penyakit yang mungkin timbul, selanjutnya tinggal mana pengobatan yang terbaik yang dapat kita gunakanPenyakit kenari antara lain :
  • Gangguan pernafasan : berupa pilek, cekreh cekreh, batuk, asma, volume suara mengecil/ hilang, suara serak dan lagu menjadi pendek pendek ( Nafas 1)
  • Penyakit pernafasan kronis yang membandel, asma, batuk, cekreh diikuti keluarnya ingus dari hidung bahkan sampai pembengkaan pada kaki ( Nafas 2 )
  • Snot : Mata berair dan bengkak, lesu tidak mau makan, berak kapur ( Anti Snot)
  • Kurus : adanya gangguan pencernakan, bobot menurun, tidak berkicau dan mengantuk, bulu mengembang tapi masih ada nafsu makan untuk jenis makanan tertentu ( Anti Kurus )
  • Gondok : sering terlihat terengah engah, paruh sering dibuka, pernafasan berbunyi ngik ngik ngik, kicauan pendek pendek, volume suara mengecil ( Anti Gondok )
  • Kutu dan cacing : burung kelihatan sering mematuki bulu dengan tiba tiba, kurus tetapi nafsu makannya sangat baik ( Nokutu )
  • Serak, sering batuk dan bersin, suara mengecil, pilek ( Anti Serak )
  • Banyak terdiam, kelihatan bermalas malasan, tidak bunyi/asal asalan, tidak banyak bereaksi meskipun ada gangguan ( Lesu )
  • Kurang keseimbangan, kadang sempoyongan seperti ada pergerakan tanpa kontrol ( Anti Syaraf)
Selain beberapa penyakit yang kita harus tahu ada baiknya juga kita simak beberapa produk vitamin dengan demikian diharapkan kita jadi terinspirasi dan mengetahui mana yang sebenarnya dibutuhkan dalam keberhasilan pemeliharaan.
  • Stamina : Membuat burung tidak loyo bertanding, mengurangi stress tranportasi, menambah semangat induk meloloh piyik, menambah tenaga pejantan dalam mengawini betina
  • Vitalur : Mempercepat proses birahi dan penjodohan, meningkatkan kesuburan, meningkatkan produksi telur, meningkatkan daya hidup embrio, meningkatkan daya tetas telur, membuat piyik cepat bongsor
  • Vitamin Ocehan : membuat burung rajin berkicau, tanjep dan ngotot, ngerol/ngentrok/teler, bulu halus mengkilap, bakalan cepat bongsor dan sehat
  • Gacor : Membuat burung rajin berkicau, suara lebih nyaring dan burung dalam kondisi puncak
  • Rontok : memperlancar proses rontok lebih cepat dan aman, mengatasi gangguan pada bulu
  • Kristal : Suplemen kesehatan burung
  • Metabolisme : ditujukan untuk burung sehat yang terganggu sistem metabolismenya
Sebagai wawasan apabila beberapa kemungkinan penyakit belum juga diketahui secara pasti, ada baiknya didahului terlebih dahulu pengobatan umum yang mencakup semua jenis penyakit ( Spektra ) hal ini sangat perlu mengingat beberapa penyakit kadang mempunyai efek yang sangat cepat, jika hal ini tidak segera diantisipasi dengan memberikan obat umum yang multifungsi ada kemungkinan berakibat turunnya daya tahan tubuh bahkan ujungnya sampai pada kematian
  KENARI BERDASARKAN KEUNGGULANNYA (JENIS-JENIS KENARI)
 Burung Kenari yang selama ini kita kenal, sebenarnya dibagi ke dalam beberapa kelompok berdasarkan keunggulannya. Kita membagi burung Kenari menjadi:

1. Kenari Postur (Type Canary), yaitu Kenari yang unggul di postur. Keunikannya disini mulai dari posturnya yang besar panjang, kecil mungil, sampai berbentuk seperti bola dan lain-lain.

Contoh Kenari Postur adalah: Yorkshire, Lancashire, Norwich, Gloster, Border, Lizard, Crested, Frill, Scotch Fancy, Fancy, Five Fancy dan lain-lain.
 
Kenari postur juga dapat berkicau seperti burung Kenari pada umumnya. Di luar negeri, Kenari postur ini di konteskan (lomba) bukan untuk berkicau, yang dinilai adalah keserasian bentuk postur (sesuai kriteria yang disepakati) mulai dari ujung paruh sampai ujung kaki.
 
2. Kenari Warna (Colorbred Canary), yaitu Kenari yang unggul di warna bulu. Kenari ini sengaja direkayasa (genetik maupun secara fisiologis) untuk menghasilkan warna bulu yang unik, kontras dan menarik.

Contoh Kenari Warna yaitu yang biasa kita kenal dengan Kenari Red Intensive, Red Mozaic, Yellow Intensive, White Dominant, dan lain-lain.
 
Kenari Warna juga dapat berkicau seperti burung Kenari pada umumnya. Di luar negeri, Kenari warna ini di konteskan (lomba) bukan untuk berkicau, yang dinilai adalah keserasian warna bulu (sesuai kriteria yang disepakati).
 
3. Kenari Penyanyi (Song Canary), yaitu Kenari yang unggul di nyanyian dan berkicaunya. Suara yang merdu dengan naik turunnya nada, permainan speed nada dan mampu menirukan nada-nada (lagu) yang diperdengarkan merupakan ciri khas burung Kenari ini.

Contoh Kenari Penyanyi adalah: Waterslager, Spanish Timbrado, Roller, American Singer, Persian Singer dan lain lain (belum mendapat pengakuan secara resmi oleh COM)
 
Kenari penyanyi bertubuh kecil seperti Kenari Warna dan memiliki warna bulu yang beragam, tetapi kualitas berkicaunya (lagu) sangat baik dan menarik.

Di luar negeri, Kenari Penyanyi ini di konteskan (lomba) berdasarkan jenisnya, yang dinilai adalah keserasian lagu (sesuai kriteria yang disepakati) mulai awal lagu sampai akhir.
 
4. Kenari Hybrid (Hybrid Canary), bisa disebut juga dengan Custom Canary yaitu hasil persilangan Kenari yang rancang berdasarkan keinginan dari breedernya.

Umumnya Kenari Hybrid adalah persilangan dari beberapa jenis kenari yang dianggap unggul dalam hal tertentu.

Untuk dapat memperdalam Kenari Hybrid ini, dituntut pengetahuan yang lengkap untuk sifat-sifat unggul semua jenis burung Kenari yang ada.
 
Contoh Kenari Hybrid adalah Yorkshire (silangan dari Lancashire-Scotch Fancy-Norwich), American Singer (silangan dari Border dan Roler) dan lain-lain yang sudah di akui menjadi strain sendiri.

Di Indonesia, teman-teman breeder Kenari yang berwawasan luas, sudah sejak lama mengembangkan jenis Kenari Hybrid sesuai tingkat kebutuhan penggemar Kenari di Indonesia. Biasanya kita menyilangkan beberapa jenis Kenari Penyanyi dengan Kenari Postur. Maka dihasilkan Kenari impian yang berpostur menarik dan memiliki lagu yang menarik juga.

Terus terang, standar kualitas yang kita (orang Indonesia) patok untuk burung Kenari sangat tinggi. Yaitu Kenari harus berpostur besar proporsional, berkaturanggan baik, warna menarik dan memiliki lagu yang menawan. Ini hanya kita dapatkan apabila kita menyilang secara genetika beberapa jenis Kenari unggul untuk menghasilkan Kenari impian tersebut.

Siapapun boleh dan bisa merancang, mendesain dan meracik Kenari Hybrid (Hybrid Canary). Tidak ada yang sulit untuk melakukan hal ini, karena semua kebutuhannya ada dan tersedia.
 
PERSILANGAN KENARI, PARENTAL (P) DAN FELIAL (F)

Di dalam dunia biologi, ada induk (jantan dan betina) sebagai PARENTAL (P). Hasil keturunan dari perkawinan induk tersebut menghasilkan FELIAL (F).

Breeding Kenari yang ingin menghasilkan keturunan yang lebih baik, sifat unggul dari salah satu induk (bahkan kedua induk) di dapatkan dengan menyilangkan kembali hasil keturunan (F) dengan basic blood dari induk (P).

Nahhh, ini bisa berlangsung sampai 4-7 tingkatan Breeding Chart. Di hasilkan F1 sampai F7, dan seterusnya. Penerapan istilah FELIAL (F) di dalam dunia Kenari Indonesia sudah salah kaprah dari yang semestinya. Penggunaan istilah F1, F2, F3, AF (Anak FELIAL) dianggap hanya untuk Kenari hasil silangan Yorkshire saja. Padahal ini berlaku untuk semua hasil perkawinan silangan Kenari.

Disamping itu juga, ada kerancuan dalam pengertian F1, F2, F3 dst untuk hasil Kenari breedingnya. Tapi yang penting kita bisa memahami pengertian yang di maksudkan.


PEMILIHAN BAHAN BURUNG KENARI YANG BAIK
(CIRI-CIRI BURUNG KENARI YANG BAIK DARI KATURANGGAN)

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan atau bakalan pada burung Kenari.
  • Berkelamin jantan, ciri-ciri burung Kenari jantan dapat dilihat bentuk tubuh yang serasi, mengeluarkan suara cuit yang lebih nyaring dan keras. Pilihlah kenari jantan yang memiliki vent lebih besar dan panjang.
  • Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang.
  • Kepala berbentuk kotak. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik.
  • Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
  • Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut  sehat. Pilihlah Kaki yang besar dan terlihat kering. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
  • Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
  • Leher panjang padat berisi. Menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.
MAKANAN YANG SESUAI UNTUK BURUNG KENARI
  • Bijian Mix. Pakan utama burung ini adalah Canary Seed. Tetapi kita dapat memberikan biji-bijian yang telah dicampur yang banyak dijual dipasaran.
  • Sayuran dan buah-buahan. Burung Kenari sangat menggemari sayur dan buah-buahan segar seperti: daun selada, daun sawi, gambas, mentimun, paprica, wortel, buah apel, buah pir, jagung muda.
  • Telur dan Kroto. Pada kondisi tertentu, kedua pakan ini sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan dan mengoptimalkan vitalitas fungsi-fungsi organ burung Kenari.
  • Asinan. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, burung ini membutuhkan asupan kalsium tambahan. Dapat diberikan tulang sotong untuk melengkapi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan.
  • Roti kering. Disamping menggemari pakan-pakan diatas, burung Kenari juga menyukai roti kering (jangan berikan roti kering yang memiliki kandungan garam dan gula yang tinggi).



No comments:

Post a Comment