Search This Blog

Total Pageviews

Thursday 19 September 2013

CARA DAN TIPS UNTUK KANDANG KOLONI BURUNG LOVE BIRD


Tips Kandang Koloni Lovebird

     KANDANG KOLONI BURUNG LOVE BIRD, Sistem yang mudah dan praktis dalam menangkarkan BURUNG LOVE BIRD ini akan kita sajikan dalam pembahasan kali ini. Semakin banyaknya pemula  yang mencoba menangkarkan  BURUNG LOVE BIRD menjadikan burung ini semakin booming dan harga yang cukup tinggi inilah yang membuat penangkar penangkar baru bermunculan, tapi bagi pemula yang masih kesulitan menangkarkan dengan kandang baterai sebaiknya mencoba dengan sistem KANDANG BURUNG LOVE BIRD koloni karena banyak penangkar senior yang menyarankan dengan sistem koloni.

          Keunggulan dengan sistem koloni adalah BURUNG LOVE BIRD kita akan lebih lincah karena aktif bergerak seperti di alam bebas. BURUNG LOVE BIRD juga dapat memilih pasangannya secara alami karena mereka akan banyak bertemu banyak BURUNG LOVE BIRD lainnya. BURUNG LOVE BIRD bisa memilih dari berbagai jenis dan melahirkan keturunan sesuai genetik yang dibawanya. Pasangan yang berada di kandang koloni lovebird biasa harmonis.

Sedangkan kelemahan dari kandang koloni adalah sistem ini adalah sebagi berikut:
1. BURUNG LOVE BIRD ada resiko bertengkar yang biasanya terjadi pada BURUNG LOVE BIRD yang sudah dewasa atau ada BURUNG LOVE BIRD baru yang dimasukkan ke kandang koloni. yang bisa mengakibatkan BURUNG LOVE BIRD bisa mati atau terluka dan bahkan cacat.
2. BURUNG LOVE BIRD Gagal mengeram sehingga Telur BURUNG LOVE BIRD tidak menetas ini disebabkan koloni mereka bisa merusak telur atau menggoda pasangan baik jantan / betina yang bisa menghambat proses produksi.
3. Kalau ada penyakit yang menular cenderung cepat menyebar ke BURUNG LOVE BIRD yang sehat karena saling interaksi diantara mereka.
4. BURUNG LOVE BIRD yang berpasangan dengan pasangan berbeda jenis bisa menghasilkan keturunan yang tidak kita inginkan. Misalnya pasangan lutino mata merah yang kita harapkan ternyata memilih BURUNG LOVE BIRD hijau dan keturunannya keluar bukan lutino melainkan hijau artinya kita yang menginginkan unutk mencetak warna BURUNG LOVE BIRD agak mengalami kesulitan disebabkan mereka bebas memilih pasangannya. Solusinya kita bisa memisahkan masing masing jenis di kandang koloni yang berbeda sehingga terhindar dari hal tersebut.
Langkah menangkarkan dengan kandang koloni.
memulainya dengan memelihara sejumlah BURUNG LOVE BIRD jantan dan betina dalam kandang koloni, dengan ukuran 2,5 x 2 m2 dan tinggi 2 meter.
        Siapkan kotak sangkar atau glodok, dengan jumlah melebihi jumlah pasangan BURUNG LOVE BIRD di dalam kandang tersebut. Misalnya Anda memasukkan 5 ekor burung betina dan 5 ekor burung jantan, diusahakan jumlah kotak sarangnya 6 unit atau lebih, sehingga burung bisa memilih sendiri kotak sarang yang diinginkannya.

No comments:

Post a Comment