Search This Blog

Total Pageviews

Tuesday 24 September 2013

PERBEDAAN BURUNG LOVE BIRD JANTAN DAN BETINA


PERBEDAAN BURUNG LOVE BIRD JANTAN DAN BETINA
PERBEDAAN BURUNG LOVE BIRD JANTAN DAN BETINA memang tidak terlalu menyolok. Berikut tips ampuh membedakan keduanya untuk  mempermudah para breeder karena CIRI-CIRI BURUNG LOVE BIRD JANTAN DAN BETINA yang serupa kadang peternak pemula keliru dalam membedakan lovebird jantan dan betina, langsung saja akan kita ulas beda BURUNG LOVE BIRD jantan dan betina dan apa yang membedakan keduanya. Karena banyaknya  JENIS BURUNG LOVE BIRD maka ada jenis yang mudah di identifikasi jenisnya dan ada pula yang sulit di identifikasi jenis kelaminnya apalagi kalau umur  BURUNG LOVE BIRD masih muda atau anakan. Untuk breeder yang pemula yang baru belajar CARA TERNAK BURUNG LOVE BIRD maka perlu banyak belajar kepada breeder yang telah berpengalaman.  Para breeder / penangkar bisa menggunakan berbagai cara untuk melakukan identifikasi tersebut dari cara yang mudah dan sederhana sampai pakai cara yang ilmiah. Berikut kita akan ulas apa yang membedakan BURUNG LOVE BIRD  betina dan jantan.
A. Membedakan Kelamin Lovebird berdasarkan Penampilan Luarnya.
Menurut Siti Nuramaliati, BURUNG LOVE BIRD dapat dibedakan 3 kelompok , ini berdasar tingkat kesulitan untuk membedakan jenis kelamin BURUNG LOVE BIRD dan burung lain secara umum . Ketiga kelompok tersebut yaitu: jenis  kelompok dimorfik – jenis ini kelaminnya sangat jelas dan mudah  dibedakan,  kelompok kedua yaitu jenis intermediate (pertengahan) – jenis kelaminnya agak sulit dibedakan dari penampilannya, dan yang kelompok ke-3 yaitu jenis BURUNG LOVE BIRD kacamata dimana perbedaan jenis kelaminnya tidak konsisten.  Namun  umumnya  banyak  BURUNG LOVE BIRD yang  relatif mudah untuk dibedakan jenis kelaminnya dengan hanya  melihat pada penampilan luarnya.
1. Kelompok  dimorfik, yang termasu jenis ini adalah  BURUNG LOVE BIRD madagaskar, BURUNG LOVE BIRD abisinia dan  BURUNG LOVE BIRD muka merah (Red face).
A.   BURUNG LOVE BIRD muka merah Nama latin Agapornis pullaria- BURUNG LOVE BIRD betina muka dan dahi lebih mayoritas didominasi warna oranye dibandingkan dengan  merah,  bulu penutup sayap warnanya hijau dan di tepi sayap berwarna kekuningan BURUNG LOVE BIRD jantan: dahi dan muka berwarna merah-oranye, tunggir (bulu di atas pantat, di bawah ujung lipatan sayap warnanya biru muda, bagian bawah bulu sayap dan bulu terbang   berwarna hitam.
B. BURUNG LOVE BIRD madagaskar , Nama latinAgapornis cana BURUNG LOVE BIRD   jantan dan BURUNG LOVE BIRD betina hampir sama BURUNG LOVE BIRD betina bulu tubuh semuanya berwarna hijau  BURUNG LOVE BIRD pejantan kepala dan leher warnanya abu-abu
C. BURUNG LOVE BIRD abisinia, Nama latin: Agapornis taranta BURUNG LOVE BIRD yang betina beratnya sekitar  55 gram, dahinya berwarna hijau. BURUNG LOVE BIRD ini yang jantan memiliki berat badan 65 gram, dahinya berwarna merah.
2. Kelompok intermediate  BURUNG LOVE BIRD yang termasuk dalam kelompok intermediate adalah BURUNG LOVE BIRD muka salem dan BURUNG LOVE BIRD black collared .
A. BURUNG LOVE BIRD black collared  Nama Latin Agapornis swinderniana,  BURUNG LOVE BIRD jantan dan betina sangat sulit dari penampilan luarnya karena BURUNG LOVE BIRD ini mempunyai penampakan yang mirip antara keduanya.
B. BURUNG LOVE BIRD Muka salem antar jantan dan betina serupa dalam penampilan luarnya, walau pada umumnya BURUNG LOVE BIRD betina punya bulu di bagian kepala dengan warna lebih pucat dibanding pejantannya.
3. Kelompok BURUNG LOVE BIRD kacamata , Yang termasuk dalam katagori kelompok ini  adalah BURUNG LOVE BIRD nyasa (Agapornis lilianae), BURUNG LOVE BIRD topeng (Agapornis personata), BURUNG LOVE BIRD fischer (Agapornis ficheri) dan BURUNG LOVE BIRD pipi hitam (Agapornis nigrigenis), .
Keempatnya  sangat sulit dibedakan antara jantan dan betinanya. Meskipun demikian ada sedikit perbedaan berat badan dianatara keduanya. Salah Satu keunikan dari BURUNG LOVE BIRD kelompok ke tiga ini  adalah pada saat  musim berkembangbiak induk  betina akan membawa bahan sarang di bawah bulu punggung bagian bawah dan bulu tunggir .

No comments:

Post a Comment