Search This Blog

Loading...

Total Pageviews

Wednesday, 25 September 2013

CARA MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN TIDAK BERDASARKAN PENAMPILAN LUAR


B. Membedakan jenis kelamin tidak berdasarkan penampilan luar.
Jenis BURUNG LOVE BIRD yang tidak dapat dibedakan kelaminnya berdasarkan penampilan luarnya yang spesifik maka ini akan sulit untuk membedakan antara jantan dan betinanya. Untuk kasus seperti  ini maka ada beberapa cara yang bisa  digunakan membedakan  BURUNG LOVE BIRD betina dan BURUNG LOVE BIRD jantan.
1. Cara bertengger.  BURUNG LOVE BIRD betina punya cara bertengger yang lain dengan pejantan. BURUNG LOVE BIRD betina bertengger dengan jarak antar kaki lebih lebar dibanding BURUNG LOVE BIRD jantan.
Perbedaan jantan berina berdasar bukaan kaki (Foto: Repro dari Buku BURUNG LOVE BIRD)
cara membedakan lovebird  jantan dan betina dari bentuk ekor (Foto: Repro dari Buku BURUNG LOVE BIRD)
2. Dari Bentuk tubuh. BURUNG LOVE BIRD betina lebih cenderung memiliki tubuh yang kekar dan lebih berat. Namun  ini bukan   ciri yang mutlak sifatnya.
3. Dari Warna Bulu, BURUNG LOVE BIRD jantan punya warna yang lebuh terang dibandingkan BURUNG LOVE BIRD betina. walaupun  hal itu tidak selalu benar karena warna bulu dipengaruhi oleh  iklim geografis, makanan dan variasi geografis.
4. Dari Bentuk ekor,  BURUNG LOVE BIRD betina punya ekor yang lebih rata dibanding  ekor BURUNG LOVE BIRD jantan yang bentuknya agak meruncing.
5. Dari caraMembangun sarang , saat membangung sarang  BURUNG LOVE BIRD betina lebih intensif dibandingkan yang  jantan. BURUNG LOVE BIRD menggigit-gigit di luar sarang pada cabang-cabang dan batang yang lebih tebal. BURUNG LOVE BIRD betina  mengambil kulit kayu lalu  dikumpulkan sebagai sarang,  sedangkan pejantan akan menyuapi si betina. Namu hal inipun juga tidak bisa di jadikan patokan mutlak karena ada juga BURUNG LOVE BIRD jantan yang  aktif mengumpulkan bahan-bahan sarang.
6. Menggunakan Perabaan pada tulang pubis (supit urang). BURUNG LOVE BIRD punya dua tulang pubis (supit urang) pada  pinggulnya. Pada musim berkembang biak, tulang pubis BURUNG LOVE BIRD betina menjadi lebih elastic dan jarak antara kedua tulang pubis tersebut melebar karena pengaruh hormone. Keadaan tersebut dapat dirasakan dengan rabaan tangan kita. Pada BURUNG LOVE BIRD jantan,  jarak antara dua tulang pubis tersebut cenderung sempit. Teknik perabaan ini hanya dapat digunakan bila kegiatan seksual BURUNG LOVE BIRD betina dengan aktif.
7. Menggunakan Pemeriksaan Memakai alat laparoscopy,  Untuk mengecek jenis kelamin BURUNG LOVE BIRD kita juga bisa  menggunakan alat laparoscopy. BURUNG LOVE BIRD yang akan dkita cek jenis kelaminnya  dibius dulu kemudian dilakukan operasi kecil pada bagian kiri tubuh burung tepatnya  di antara tulang rusuk, tulang paha dan tulang pinggang. Dari tempat yang dioperasi itu dimasukkan alat laparoscopy untuk mengecek  ada tidaknya indung telur atau ovari. Jika kita temukan ovari maka lovebird itu dipastikan betina tetapi Cara ini hanya bisa pakai jika burung sudah dewasa.
8. Pemeriksaan DNA, untuk mengetahui jenis kelamin BURUNG LOVE BIRD adalah dengan menguji DNA yang kita peroleh dari darah atau bulu burung yang akan kita teliti. Setelah DNA diekstrak dengan larutan tertentu dan proses lebih lanjut, kemudian hasilnya dipotret dengan Polaroid. Jika didalam foto tersebut terlihat dua pita maka dapat dipastikan burung itu berkelamin betina. Akan tetapi apabila terlihat hanya satu pita saja, BURUNG LOVE BIRD itu bisa dipastikan pejantan.
Cara terakhir  ini dianggap paling akurat hasinya. Akan tetapi biaya pengujian DNA sangat mahal. disamping itu di negara Indonesia belum banyak laboratorium yang menawarkan jasanyan untuk memeriksa jenis kelamin burung dengan uji DNA.

No comments:

Post a Comment