Search This Blog

Loading...

Total Pageviews

Friday, 20 September 2013

TIPS DAN CARA MENANGKAR BURUNG LOVE BIRD


        Menangkar BURUNG LOVE BIRD dengan cara seperti itu, lebih efektif dan produktif. Karena, setiap burung bisa mencari pasangannya sendiri, sesuai dengan selera masing-masing. Kalau berjodoh secara alami, biasanya tidak ada persoalan dalam perkawinan dan proses reproduksi selanjutnya.
        Dalam kandang koloni, karakter monogami pada BURUNG LOVE BIRD ini akan terlihat. Meski di kandang tersebut terdapat beberapa burung betina, baik yang belum berjodoh atau sudah berjodoh, BURUNG LOVE BIRD jantan yang sudah menemukan pasangannya tidak akan pindah ke lain hati.
        Metode penangkaran seperti ini bagus diterapkan untuk pemula, sehingga tidak perlu repot-repot memikirkan seleksi induk jantan dan induk betina berdasarkan warna tertentu. Penangkar juga tak perlu pusing-pusing dulu dengan ilmu genetika, mutasi warna, dan sejenisnya.
        Setelah berjodoh, barulah diketahui induk jantan dengan warna tertentu berjodoh dengan induk betina dengan warna tertentu pula. Tugas penangkar selanjutnya adalah mencatat data induk jantan dan induk betina, terutama mengenai jenis atau warnanya, ke dalam buku pencatatan.
        Selanjutnya, jika semua telur sudah menetas, silakan dilihat seperti apa warna anakan yang dihasilkan dari pasangan tersebut. Data anakan juga harus dimasukkan dalam buku pencatatan, sehingga Anda memiliki basis data yang cukup lengkap mengenai asal-usul setiap anakan BURUNG LOVE BIRD yang dihasilkan.
        Hal serupa juga dilakukannya untuk pasangan lain, yang mungkin akan memiliki karakter warna yang berbeda.  semakin lama, data yang terkumpul makin banyak, sehingga kelak bisa kita jadikan patokan untuk menjodohkan BURUNG LOVE BIRD melalui campur tangan manusia, misalnya dipelihara dalam kandang soliter (1 kandang 1 pasangan indukan).
        Dengan sistem ini pula, kita bisa mendapatkan anakan BURUNG LOVE BIRD dalam berbagai warna, karena perkawinannya pun dilakukan secara acak dan alami oleh pasangan BURUNG LOVE BIRD dalam kandang koloni.

No comments:

Post a Comment