Search This Blog

Total Pageviews

Tuesday 8 October 2013

CARA LAIN UNTUK MERACIK PAKAN ATAU MAKANAN BURUNG LOVE BIRD MENGGUNAKAN FUMAYIN :


·         CARA LAIN UNTUK MERACIK PAKAN ATAU MAKANAN BURUNG LOVE BIRD MENGGUNAKAN FUMAYIN :


·         1. Tepung fumayin dicampurkan pada pakan jadi/voer pabrikan dengan perbandingan 5 gram tepung fumayin untuk setiap 2,5 ons voer jadi. Diaduk perlahan secara merata (agar voer tidak hancur sama sekali).
2. Tepung fumayin sebanyak 1 gram, diberi air mendidih sekitar 20 ml (sekitar 5 sendok makan), diaduk kemudian didinginkan. Airnya digunakan untuk air minum  burung dan endapannya bisa dileletkan ke buah, atau dikeringkan lagi untuk dicampurkan ke pakan burung kenari atau lovebird agar dimakan.
·         Cara membuat tepung hemp seed atau fumayin bisa dilakukan dengan memblender sampai lembut butiran-butiran hemp seed yang sudah benar-benar kering. Agar tidak berjamur, simpan tepung hemp seed di dalam wadah yang tertutup rapat dan di dalam wadah  itu dimasukkan pula pasir silica ataupun silica gel agar wadah tidak lembab.
·         Harga hemp seed atau fumayin, tergantung kualitas biji:
* Kualitas 1 (biji rata-rata besar, kering dan tidak ada yang kopong) harga Rp. 75.000 per ons.
* Kualitas 2 harga Rp. 50.000 per ons.
* Kualitas umum (misalnya dijual di pasar burung dengan kondisi masih tercampur beberapa rumput/daun dan juga biji-biji kopong, rata-rata butiran kecil) harga Rp. 30.000 per ons.
Anda juga bisa mendapatkan tepung fumayin dalam kemasan sachet. Harga per sachet Rp 75.000.
·         Cara pemberian tepung sachet-an untuk burung:
* Bisa dibuat dalam bentuk cair, yakni satu sachet tepung hemp seed dituangkan ke wadah tahan panas, kemudian dicampur dengan air mendidih sebanyak 40 ml (10 sendok makan). Berikan ke burung sebagai pengganti minuman harian untuk 3-4 burung.
* Bisa dicampur voer atau pakan dalam bentuk bijian, yakni satu sachet tepung  hemp seed/fumayin dicampurkan merata ke voer/pakan dalam bentuk biji sebanyak satu wadah pakan burung ukuran normal. Bagikan untuk 3-4 burung.

No comments:

Post a Comment