Search This Blog

Total Pageviews

Tuesday 15 October 2013

TIPS MEMBUAT KANDANG LOVE BIRD


Tips Membuat Kandang Lovebird

CARA DAN TIPS UNTUK MEMBUAT KANDANG BURUNG LOVE BIRD, Proses ini baik harus diperhatikan dengan baik oleh para peternak BURUNG LOVE BIRD atau breeder karena dengan KANDANG yang sesuai akan menjamin keamanan dan keselamatan BURUNG LOVE BIRD kita. Ada 2 piihan yang bisa kita ambil untuk menyiapakannya KANDANG, yaitu membeli KANDANG /sangkar BURUNG LOVE BIRD buatan pabrik yang banyak di jual di toko-toko yang menjual alat-alat breeding atau kita bisa membuat kandang BURUNG LOVE BIRD sendiri. Berikut ini akan kita ulas hal-hal yang harus diperhatikan ketika membuat kandang BURUNG LOVE BIRD. Baik, langsung aja kita ke cara dan tipsnya:

1. Menentukan ukuran kandang yang akan kita buat.
Ukuran KANDANG disesuaikan dengan jumlah BURUNG LOVE BIRD yang akan kita masukkan. semakin banyak burung lovebird yang kita masukan maka semakin luasa  KANDANG / sangkar lovebird yang kita buat. Hindari membuat  KANDANG yang kecil kemudian di isi burung yang banyak/tidak sesuai karena akan menjadikan pertengkaran diantara BURUNG LOVE BIRD .
2. Perhatikan bahan-bahan material yang akan kita pakai.
Material yang kita pakai harus bagus dan tahan gigitan BURUNG LOVE BIRD, maka kita siapkan material yang kokoh dan kuat seperti Galvanum, besi, kawat kuas, kayu keras dan lain sebagainya. Tentunya bahan material ini sekaligus tidak akan rusak oleh tikus, rayap, semut, kecoak dan lain-lain.
3.Buatkan tempat kotoran BURUNG LOVE BIRD.
Tempat kotoran yang kita buat kita rancang di bawah sangkar lovebird supaya lebih praktis dalam membersihkannnya karena kalau  KANDANG / sangkar tidak dilengkapi tempat kotoran maka kita harus sering memasukkan tangan untuk membersihkan  KANDANG  dan ini akan berpengaruh terhadap ketenangan BURUNG LOVE BIRD (stress).
4. Sediakan tempat  MAKAN dan MINUM BURUNG LOVE BIRD.
Seteiap sepasang BURUNG LOVE BIRD bagusnya disiapkan 1 tempat  MAKAN dan 1 tempat minum dan apabila dalam sangkar/kandang ada 3 pasang BURUNG LOVE BIRD maka siapkan 3 tempat  MAKAN  dan 3 tempat minum. Tempatkan tempat makan dan minum yang strategis sehingga BURUNG LOVE BIRD dapat makan, minum, bergerak dan masuk glodok dengan nyaman.
5. Buatlah 2 jenis pintu KANDANG BURUNG LOVE BIRD.
- Pintu pertama adalah yang cukup untuk tangan kita tidak terlalu besar dan tidak sempit, fungsi pintu ini untuk memasukkan dan mengeluarkan BURUNG LOVE BIRD.
- Pintu kedua adalah untuk memasukkan kotak glodok BURUNG LOVE BIRD, Buatlah sekiaranya cukup untuk memasukkan dan mengeluarkan glodok. Jangan gunakan pintu ini ketika BURUNG LOVE BIRD ada didalam untuk menghindari BURUNG LOVE BIRD terbang keluar  SANGKAR. kedua jenis pintu yang kita buat lengkapi dengan kancing pengaman.
6. Membuat SANGKAR / kandang dengan memperhatikan keselamatan BURUNG LOVE BIRD.
Disini yang harus kita perhatikan adalah faktor keamanan BURUNG LOVE BIRD misalnya menghindari ujung besi atau kawat yang menonjol ke dalam untuk mencegah BURUNG LOVE BIRD terluka tergores ujung kawat atau besi. Terakhir kali kita sisir dan raba dalam kandang terutama pojok-pojok  KANDANG apabila ada sesuatu yang sekiranya membahayakan BURUNG LOVE BIRD maka kita hilangkan dahulu. Berikut ini adalah aneka contoh gambar kandang lovebird yang bisa buat referensi kalau kita mau membuat sendiri.
 
Gambar 1 adalah contoh gambar SANGKAR / KANDANG bersusun

Gambar 2 adalah contoh kandang persegi
Sedangkan kalau kita membeli  KANDANG /SANGKAR buatan pabrik yang banyak dijual di pasaran biasanya dibuat dengan sistem rancangan yang aman bagi BURUNG LOVE BIRD kita. KANDANG buatan pabrik umumnya dibuat dengan besi yang kuat kemudian di cat dan dilengkapi dengan beberapa pintu. Berikut ini adalah contoh ukuran & gambar sangkar/ kandang lovebird yang ada dipasaran.
Herbal Untuk BURUNG LOVE BIRD: Di Jual herbal Alami (Air Liur Lebah)  untuk ketahanan tubuh dan penyembuhan penyakit BURUNG LOVE BIRD.

No comments:

Post a Comment